Games

Total Pageviews

The Sims 3

The Sims™ 3 dirancang di atas gagasan yang sama seperti pendahulunya. Pemain mengendalikan Sim mereka sendiri dalam kegiatan dan hubungan dengan cara yang mirip dengan kehidupan nyata. Permainannya terbuka dan tak berbatas. Rumah Sim dan lingkungan sepenuhnya ada di dalam satu peta yang berkesinambungan. Para pengembang menyatakan, "Apa yang Anda lakukan di luar rumah Anda kini juga penting pula dengan apa yang Anda lakukan di dalam." Salah satu perubahan terbesar untuk waralaba adalah penggunaan lubang-kelinci (rabbit-hole). Sim tidak diperbolehkan masuk ke dalam sebagian besar bangunan kota, melainkan mereka hanya menghilang di dalam untuk waktu tertentu; ciri khusus yang dikenal dalam permainan video sebagai lubang-kelinci sementara itu, pemain diberikan kendali atas pilihan akan apa yang terjadi di dalam dengan menggunakan pemberitahuan berbasis teks.
The Sims™ 2 menggunakan sistem imbalan (reward system) yang disebut Kemauan dan Kekhawatiran. Sistem ini diganti dengan sistem baru yang disebut keinginan di The Sims™ 3. Memenuhi keinginan Sim memberikan sumbangsih untuk nilai-angka (scoreKebahagiaan Seumur Hidup dan Suasana Batin Sim. Beberapa harapan, seperti "Pergi keTaman", dapat menambah banyak nilai untuk kebahagiaan hidup mereka sementara "Punya seorang Bayi Putra" dapat menambah ribuan nilai. Dalam The Sims™ 3cita-citaditiadakan dan digantikan dengan "suasana batin" (moodlets), yang menyumbangkan nilai-nilai berpengaruh baik atau buruk terhadap penanda motivasi. Suasana hati dapat terilhami oleh peristiwa jasmani, seperti memiliki makanan yang baik atau kenyamanan dari duduk di kursi yang baik, serta peristiwa batiniah seperti ciuman pertama atau putus hubungan. suasana hati biasanya berlangsung dengan jangka waktu yang ditetapkan, tetapi beberapa suasana hati berpengaruh buruk dapat dipulihkan (seperti yang dikeluarkan oleh kebutuhan mendesak untuk buang air kecil) dan beberapa yang berpengaruh baik bergantung pada lingkungan Sim dan sifat.
Selain itu, permainan ini juga memiliki pilihan yang disebut Kemajuan Alur Cerita yang memungkinkan semua Sim di lingkungan untuk mandiri terus seolah-olah pemain yang mengendalikan mereka, seperti tumbuh besar, menikah, mendapatkan pekerjaan dan naik jabatan, punya anak, membangun atau membeli rumah impian mereka, sementara pemain tidak memainkannya. Sim hidup untuk jangka waktu tertentu (dapat diatur oleh pemain) dan terlebih dahulu melalui beberapa tahap (bayi, balita, anak, remaja, dewasa muda, dewasa, dan lansia). Sim bisa mati di usia lanjut atau mereka bisa meninggal pradini (premature) oleh akibat seperti kebakarankelaparantenggelam, tersetrum mati dan dengan The Sims™ 3: Petualangan Dunia: kutukan dari mumi, dengan The Sims™ 3: Ambisi: jatuhan benda angkasa luar, dan dengan The Sims™ 3: Larut Malam: kehausan (hanya bagi keadaaan hidup vampir saja).
Salah satu penambahan utama cara bermain adalah "peluang", tugas-tugas yang dapat diselesaikan Sim untuk mendapatkan imbalan. Beberapa tantangan ini terjadi secara acak berdasarkan pengaruh gaya hidup masing-masing Sim, seperti hubungan, keterampilan dan pekerjaan. "Peluang kerjaya" seperti bekerja lembur atau menyelesaikan tugas-tugas khusus dapat menghasilkan kenaikan gaji, gaji tambahan, atau meningkatkan hubungan antar rekan kerja atau atasan. "Peluang kepiawaian" adalah permintaan oleh tetangga atauwarga bagi Sim untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan keterampilan yang mereka sudah pelajari supaya mereka dapat memperoleh imbalan berupa uang tunai atau imbalan hubungan baik. Apabila peluang tersebut berkaitan dengan sekolah Sim, imbalan mungkin berupa peningkatan prestasi pelajaran sekolah.

[sunting]Pembuatan Sim

Pembuatan Sim (bahasa InggrisCreate a Sim (CAS)) kini mempunyai lebih banyak pilihan yang dapat disesuaikan untuk Sim daripada CAS dalam The Sims™ 2. Sekarang pemain memiliki pilihan yang lebih banyak bagi jenis tubuh Sim, dan mampu untuk menciptakan gaya rambut yang berbeda untuk setiap Sim. Pemain sekarang dapat memilih sepatu Sim mereka.
Terdapat 22 gaya rambut untuk Sim perempuan dan 17 gaya rambut untuk Sim laki-laki. Ada berbagai topi dan hiasan rambut yang bisa digunakan pemain, tetapi mereka semua telah memiliki gaya rambut yang telah ditetapkan. Masing-masing topi dan hiasan pakaian juga dapat memiliki warna dan pola yang dapat diubah. Gaya rambut dapat dipilih secara terpisah untuk setiap pakaian. Setiap warna rambut dapat disesuaikan dengan salah satu dari delapan warna dasar. Akan tetapi, pemain dapat menyesuaikan rambut lebih lanjut dengan mengeklik ikon (icon) kuas. Warna satuan untuk akar dasar rambut, ujung rambut dan sorot helai (highlights) rambut Sim dapat disesuaikan dengan kotak pilihanwarna dan penggeser rona (color palette and hue slider). Warna rambut dasar Sim bahkan dapat diubah ke warna yang tidak alami, dan dapat diterapkan pula pada warna akar, ujung rambut, dan sorot helai rambut. Warna rambut yang dibuat oleh pengguna dapat disimpan dan dapat digunakan kemudian, dan akan digunakan oleh para Sim yang dihasilkan oleh programdengan sendirinya. Warna rambut bisa dibagi-pakai untuk pertukaran bagi pemain lain untuk diunduh dan digunakannya.
Dibandingkan dengan permainan sebelumnya dalam seri, banyak hal yang lebih dapat diubah. Perubahan kecil seperti mengubah hidung Sim, sebagai contoh, dan pemain dapat pula menggunakan Setelan Tingkat Lanjut (Advanced Setting) untuk lebih mendalami bentuk dan ciri hidung (seperti untuk mengubah kelekukan lubang hidung, ukuran besar-kecil hidung, ujung hidung dan ketinggian batang hidung). Lagipula, gaya rambut dalam seri terbaru ini lebih banyak dari permainan inti The Sims™ 2 danThe Sims™ yang digabungkan. Sebagai ciri khusus lain, pemain tidak dapat menambahkan lapisan ketika menyesuaikan pakaian, tetapi jika pakaian sudah memiliki lapisan maka warna dan pola untuk setiap lapisan dapat diubah. Pemain juga dapat mengeklik pada setiap bagian dari Sim dan alat Buat-seorang-Sim (Create-a-Sim tool) membawa mereka langsung ke birih kanan (right menu) untuk menyunting apa pun yang dipilih. Ada pula bilah penggeser bulu mata yang dapat memanjangpendekkan bulu mata. Kaos kaki dan sepatu juga dapat diubahsuaikan dengan sepenuhnya. Bilah penggeser otot (muscle slider) dan berat badan telah diperkenalkan dan dapat sepenuhnya disesuaikan untuk membuat Sim tampak jauh lebih beragam dan terlihat seperti kenyataanThe Sims™ 3: Larut Malam juga menambahkan bilah penggeser untuk ukuran payudara dan urat otot.
Pemain juga dapat memilih nama lengkap Sim, usiajenis kelamin, dan warna kulit. Ada enam warna kulit, tetapi hanya tiga dari keenam pilihan yang ada di dunia nyata. Ketiga lainnya mencakup warna hijaumerah dan biru. Ada bilah penggeser sehingga pemain dapat menyunting kecerahan kulit (istilah baku skintone ialah "irap kulit"). Misalnya, pemain dapat membuat Sim dengan kulit hijau muda, sang ibu dengan kulit hijau tua dan sang ayah dengan kulit hijau cerah. Tinggi tubuh masih tidak dapat diubah, karena terdapat masalah dengan gerakan-gambar (animation). Dalam The Sims™ 2, pemain hanya bisa memilih dua jenis tubuh dasar: normal dan gemuk. Jenis tubuh ketiga - kekar - hanya bisa dicapai dalam permainan dan tidak ada di menu Buat-seorang-Sim. Dalam The Sims™ 3 berat badan ditentukan dengan menggerakkan bilah penggeser kiri atau kanan. Sim bisa sangat kurus atau sangat gemuk. Namun, balita tidak memiliki pilihan untuk memiliki berat badan. Berat badan dapat dikurangi dengan rajin berolahraga dan berat badan akan naik jika Sim makan berlebihan.
Pada bagian pakaian, pemain dapat memilih pakaian yang akan pakai. Terdapat lima golongan pakaian: pakaian sehari-hari, pakaian resmi, pakaian tidur, pakaian olahraga, dan pakaian renang. Setiap jenis pakaian mencakup atasan, bawahan, terusan, alas kaki (yang dapat dipilih, tidak seperti seri The Sims™ sebelumnya), hiasan mata (eyewear), anting-anting, sarung tangan, gelang, cincin dan kaos kaki. Pemain dapat membuat hingga tiga pakaian di semua golongan. Pakaian dapat diubah selama permainan dengan mengeklikmeja rias. Warna dan pola pakaian dapat dipilih oleh pemain dengan alat Buat-suatu-Gaya (Create-a-Style tool). Namun balita tidak memiliki pilihan untuk memiliki pakaianolahraga, pakaian renang dan hiasan.
Pemain dapat memilih salah satu sifat (trait) yang tersedia dalam menu. Pemain juga bisa dapat memilih makanan kesukaan Sim, musik dan warna. Suara Sim dapat pula disesuaikan. Balita memiliki satu bilah penggeser suara, anak-anak memiliki dua bilah penggeser suara, dan remaja dan lebih tua memiliki tiga bilah penggeser suara. Mereka juga dapat memilih keinginan seumur hidup Sim, yang merupakan tujuan Sim untuk bekerja sepanjang hidup mereka hingga keinginan seumur hidupnya terpenuhi. Rasi (bintang) dapat ditambahkan dalam Larut Malam dan Mutakhiran/Pembaharuan 1.7, yang membuat Sim lebih bersahabat dengan Sim lain dari tanda-tanda yang serasi. Pemain juga dapat menulis riwayat hidup Sim mereka. Balita, anak dan remaja tidak memiliki pilihan untuk memiliki keinginan seumur hidup mereka di CAS. Akan tetapi, mereka akan diberikan keinginan seumur hidup sesekali saat mereka tumbuh dewasa dan pemain dapat memilihnya.

[sunting]Keterampilan

Ada beberapa keterampilan yang bergantung pada kemampuan, seperti kemampuan interaksi sosial yang tinggi tersedia karena wibawa tinggi, lagu-lagu khusus untuk pemain gitardan peningkatan peralatan (membersihkannya, menambah saluran TV, dll) untuk kecekatan (handiness) tinggi. Melukis, menulis dan memain gitar kini merupakan keterampilan yang berbeda, dan bukan hanya satu keterampilan yang mencakup segala "daya cipta" seperti halnya di seri sebelumnya. Keterampilan melukis kini berbeda untuk masing-masing Sim karena berdasarkan sifat Sim. Sim dapat meningkatkan keterampilan mereka dengan melatih keahliannya (misalnya bermain gitar, bekerja di kebun, menulis buku, dll), membaca buku tentang keterampilan, atau mengambil kelas dalam keterampilan di bangunan sipil. Sim dapat mulai membina keterampilan mereka sejak balita. Sedangkan keterampilan tidak muncul dalam ukur-tampung (meter) dengan segera, menggunakan benda pembina keterampilan sangatlah dihargai bagi balita yang kelak tumbuh menjadi anak.Logika dapat digunakan untuk mengajar anak keterampilan dan akan membantu mereka ketika tumbuh dewasa. keterampilan termasuk Logika, Memasak, Melukis, Berkebun,Menulis, Gitar, Atletik, Kecekatan, Wibawa dan Memancing. keterampilan baru telah ditambahkan dalam cakram pengaya. Ketika Sim mencapai tingkat 10 dalam keterampilannya, mereka akan mendapatkan ijazah melalui pos untuk dapat ditampilkan di dinding atau dijual untuk 1.000 Simaliun.

Pemain tidak dapat melihat keterampilan dalam birai Sim (Sim panel) sampai titik pertama dibuka, kemudian mereka dapat melihatnya di birai catat keterampilan (skill logbook/journal panel). Setiap keahlian memiliki bagian dalam birai catat keterampilan yang memerincikan tingkat keterampilan, statistik, tantangan, dan terkadang informasi khusus lainnya. Sebagai contoh, birai catat cekatan "Atletik" menunjukkan statistik: jam latihan latih jantung (cardio workout), jam latihan kekuatan (strength workout), jarak berlari. Birai catat keterampilan dapat ditampilkan dengan menekan kunci 'J' dalam permainan atau dengan memilih bagian keterampilan dan mengeklik tombol kecil yang muncul pada akhir bilah keterampilan setelah membuka titik pertama. Pelbagai tantangan juga tersedia dalam birai catat keterampilan. Sebagai contoh, dalam birai catat keterampilan "Melukis" terdapat tantangan untuk melukis 30 lukisan. Ketika selesai, Sim memperoleh imbasan (reward) untuk bisa melukis lebih cepat daripada Sim normal. Terdapat pula tantangan keterampilan ganda bagi setiap keterampilan, serta himpunan (collections). Semuanya itu dapat menghasilkan beberapa jenis manfaat, seperti penyelesaian lebih cepat, hasil yang lebih baik, dll. Dengan The Sims™ 3: Ambisi, birai catat keterampilan juga menunjukkan kemampuan tersembunyi yang Sim telah pelajari


0 comments: